Pages

Wednesday 16 April 2014

TRADITION (CHINESE ZODIAC / SHIO)



Salam sejahtera para pembaca! Setelah vakum selama beberapa hari kali ini saya akan mengulas lagi tentang tradisi. Ada yang bertanya-tanya tradisi apa lagi yang akan saya bahas kali ini? Yang akan saya ulas kali ini adalah tentang Shengxiao atau lebih familiar dengan sebutan Shio.
Shio memiliki hubungan dengan Kalender Lunisolar yang digunakan oleh etnis Tionghoa untuk menentukan mereka berada ada pada tahun apa, mereka lahir pada tahun apa, dll. Shio juga diyakini oleh Etnis Tionghoa untuk mengetahui bagaimana watak seseorang, ia cocok berteman dengan siapa, cocok berkeluarga dengan siapa, dan usaha apa yang cocok ia geluti.

KAISAR LANGIT MENGADAKAN PERLOMBAAN BERENANG

Banyak legenda yang disebut-sebut sebagai asal mula shio tapi yang paling dikenal luas adalah Kaisar Surga hendak mencari 12 hewan untuk ikon dalam Kalender Lunisolar, lantas diadakanlah perlombaan untuk menyeberangi sungai dimana dua belas hewan yang tiba pertama akan dipilih sebagai ikon dalam Kalender Lunisolar. Dulu di Cina Kaisar Langit ingin menemukan cara untuk mengukur waktu. Pada hari ulang tahunnya ia mengumumkan bahwa ada perlombaan renang menyeberangi sungai. 12 hewan yang pertama mencapai garis finish akan menjadi pemenang dan ditetapkan sebagai tahun-tahun dalam Kalender Lunisolar

Semua hewan yang berpartisipasi berkumpul di pinggiran sungai yang menjadi lokasi perlombaan. Kucing dan tikus yang berteman baik khawatir karena mereka tidak dapat berenang dengan baik. Mereka mendapat ide untuk meminta tolong pada lembu untuk menyeberangkan mereka. 

Kucing dan tikus senang saat lembu memimpin perlombaan. Mereka hampir mencapai sisi seberang sungai ketika tiba-tiba tikus mendorong kucing hingga jatuh ke sungai. Pada saat lembu hendak naik ke permukaan dan memenangkan perlombaan tiba-tiba tikus langsung meloncat dari kepala lembu dan menjadi hewan pertama yang memenangkan perlombaan. Tikus pun menjadi hewan pertama dalam urutan Shio, sementara lembu yang diperdaya oleh tikus harus puas menjadi urutan yang kedua. 

Tidak lama setelah tikus dan lembu mencapai garis finish, harimau pun menyusul. Kaisar langit bangga dengan usaha harimau dan harimau di anugerahi urutan ketiga. 

Urutan keempat diambil oleh kelinci yang menyeberangi sungai tanpa berenang sama sekali, ia memanfaatkan batu dan kayu yang mengapung sebagai injakan. Kaisar senang dengan kecerdikan kelinci, kelinci bukan hewan yang dapat berenang dengan baik namun tetap dapat mencapai tepi sungai. 

Naga mencapai memengangi perlombaan setelah kelinci. Kaisar langit heran mengapa naga yang bisa terbang mendapat urutan kelima, padahal dengan kemampuan yang ia miliki semestinya ia dapat memperoleh urutan pertama. Ternyata yang membuat naga agak lambat sampai ke garis finish karena naga menurunkan hujan untuk membantu warga yang membutuhkan air untuk diminum. Kaisar langit terkesan dengan kebaikan hati naga, naga pun mendapat posisi kelima dalam urutan Shio. 

Kaisar mendengar suara tapal kuda tapi terkejut karena ular muncul dari kaki kuda. Ternyata ular bergulung di kaki kuda tanpa kuda sadari, begitu mendekati garis finish ular pun melepaskan diri dari kaki kuda. Kuda terkejut dan melompat mundur sehingga urutan keenam direbut oleh ular, kuda harus puas berada di urutan ketujuh. 

Urutan delapan, sembilan dan sepuluh didapatkan berurut-urut oleh kambing, monyet dan ayam. Mereka bekerja sama membawa rakit menyeberangi sungai. Ayam menemukan rakit, kambing dan monyet mengarahkan rakit dan menyingkirkan tanaman-tanaman yang menghalangi rakit mereka. 

Hewan yang memenangkan perlombaan setelah kambing, monyet dan ayam adalah anjing. Anjing sebenarnya hewan yang dapat berenang dengan baik namun begitu melihat air sungai yang jernih, ia mandi terlebih dahulu. 

Kaisar menunggu lama hewan yang akan mencapai garis finish selanjutnya. Akhirnya terdengar dengkuran babi dan babi pun memenangkan perlombaan dan mendapat posisi terakhir, sebagai urutan keduabelas dalam urutan Shio. Kaisar menanyakan babi apa yang membuatnya lama sekali menyeberangi sungai. Ternyata sebelum lomba babi lapar dan makan terlebih dahulu, setelah makan babi pun merasa lelah dan ketirduran. Kaisar pun menetapkan babi sebagai hewan yang terakhir dalam urutan Shio.

Kucing yang tadi didorong ke sungai oleh tikus akhirnya juga mencapai garis finish dengan terengah-engah. Kucing tidak mendapatkan tempat dalam urutan Shio. Kucing pun sangat marah dengan tikus dan semenjak itu mereka yang awalnya berteman baik menjadi musuh.

KAISAR LANGIT MENCARI IKON TAHUN-TAHUN DALAM KALENDER LUSIONAR
Legenda lain yang cukup dikenal adalah Kaisar langit mengadakan perlombaan, namun bukan perlombaan renang seperti ulasan saya di atas. Alkisah Kaisar langit ingin mencari 12 hewan untuk dijadikan ikon dalam Kalender Lunisolar. Pada saat itu, kucing dan tikus adalah teman baik dan tetangga. Ketika mereka mendengar berita ini, kucing berkata kepada tikus "Kita harus datang lebih awal untuk mendaftar, tapi saya biasanya terlambat bangun". Tikus kemudian berjanji untuk membangunkan temannya dan pergi bersama-sama.

Pagi hari ketika tikus bangun, ia terlalu bersemangat untuk memenangkan perlombaan sehingga lupa pada janjinya untuk membangunkan kucing. Dalam perjalanan, ia bertemu dengan harimau, lembu, kuda, dan hewan lain yang berlari jauh lebih cepat darinya. Tikus berusaha mencari ide bagaimana supaya ia tidak ketinggalan jauh karena ia berbadan kecil dan berlari jauh lebih lambat dibanding hewan lainnya. Terlintas ide untuk menumpang di atas kepala lembu, sebagai gantinya ia akan bernyanyi untuk menghibur lembu selama perjalanan.

Akhirnya lembu dan tikus tiba pertama. Lembu senang berpikir bahwa ia akan menjadi ikon pertama dari Kalender Lunisolar, ternyata begitu melihat garis finish tikus langsung meloncat dari kepala lembu, dan menjadi hewan pertama dalam daftar Zodiak Cina. Sementara tetangganya kucing itu terlambat sehingga ketika akhirnya tiba, pemilihan sudah berakhir. Ini yakini sebagai alasan mengapa kucing sangat membenci tikus.

Setelah tikus dan lembu hewan yang mencapai garis finish adalah harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi. Selama perlombaan kambing, monyet dan ayam berjalan bersama-sama. Dalam perjalanan mereka terlibat perselisihan, tanpa sengaja monyet terdorong hinggai jatuh terduduk di atas bara api. Hal ini diyakini menjadi penyebab mengapa pantat monyet merah dan tidak berbulu.

HUBUNGAN SHIO DENGAN BULAN
Seorang individu tidak saja memiliki satu shio, bulan juga ikut menentukan kehidupan asmara seseorang. Keduabelas shio bulan ditentukan oleh kelahiran seseorang.


Sudut Bujur
Matahari
Nama Bagian
Bulan
315°
立春 lìchūn
1st - macan
330°
雨水 yǔshuǐ
345°
啓蟄 qǐzhé (驚蟄 jīngzhé)
2nd - kelinci
春分 chūnfēn
15°
清明 qīngmíng
3rd - naga
30°
穀雨 gǔyǔ
45°
立夏 lìxià
4th - ular
60°
小滿 xiǎomǎn
75°
芒種 mángzhòng
5th - kuda
90°
夏至 xiàzhì
105°
小暑 xiǎoshǔ
6th - kambing
120°
大暑 dàshǔ
135°
立秋 lìqiū
7th - monyet
150°
處暑 chùshǔ
165°
白露 báilù
8th - ayam
180°
秋分 qiūfēn
195°
寒露 hánlù
9th - anjing
210°
霜降 shuāngjiàng
225°
立冬 lìdōng
10th - babi
240°
小雪 xiǎoxuě
255°
大雪 dàxuě
11th - tikus
270°
冬至 dōngzhì
285°
小寒 xiǎohán
12th - kerbau
300°
大寒 dàhán


HUBUNGAN SHIO DENGAN WAKTU
Zodiak shio juga digunakan untuk mengidentifikasi waktu. Setiap zodiak berkaitan dengan satu bagian waktu (dalam bahasa Mandarain disebut shichen - 時辰), yaitu setiap bagian waktu terdiri dari dua jam. Waktu berikut adalah dalam waktu standard Beijing (UTC+8).
23:00 - 01:00: tikus
01:00 - 03:00: kerbau
03:00 - 05:00: macan
05:00 - 07:00: kelinci
07:00 - 09:00: naga
09:00 - 11:00: ular
11:00 - 13:00: kuda
13:00 - 15:00: kambing
15:00 - 17:00: monyet
17:00 - 19:00: ayam
19:00 - 21:00: anjing
21:00 - 23:00: babi

HEWAN YANG SALING BERMUSUHAN
Hewan-hewan dalam shio juga diyakini memiliki kecocokan dan keticakcocokan dengan hewan lainnya, ada kemungkinan karena sifat orang dengan shio tersebut saling bertolak belakang. Hewan-hewan yang saling berseberangan pada gambar adalah hewan-hewan yang diyakini tidak cocok satu sama lain. 2 orang yang memiliki shio yang letaknya saling berseberangan diyakini tidak dapat cocok satu sama lain, baik untuk bekerja sama dalam tim atau menjadi rekan usaha.


Sumber Artikel:
The Chinese Zodiac Story
Wikipedia

Sumber Gambar:
Google
The Chinese Zodiac Story

No comments:

Post a Comment