Pages

Wednesday 2 April 2014

TRADITION (MOON CAKE FESTIVAL / MID AUTUMN FESTIVAL)


Kue bulan bagi etnis keturunan Tiong Hoa dikenal dengan sebutan Tiong Jiu Pia. Festival kue bulan ini dirayakan pada tanggal 15, bulan 8 menurut penanggalan etnis Tiong Hoa dimana pada waktu ini muncul bulan purnama dan sinarnya paling terang
Festival kue bulan atau kadang di kenal dengan festival pertengahan musim gugur adalah salah satu hari raya besar bagi etnis Tionghua. Ada banyak mitos dan legenda yang dikaitkan dengan festival kue bulan ini diantaranya

Pada masa dinasti Tang, waktu itu tepat pada tanggal 15 bulan 8 dalam penanggalan etnis Tionghua ada seorang pendeta Tao yang bernama Luo Gongyuan melihat sang kaisar terpesona dengan keindahan bulan dan pendeta tersebut menawarkan kaisarnya untuk pergi ke bulan dengan kekuatan gaib yang dimilikinya. Sang kaisar pun langsung mengiyakan tawaran tersebut dan pergi ke bulan. Sesampainya di istana bulan, sang kaisar disambut oleh dewi bulan dengan berbagai jamuan dan hiburan. Setelah turun dari bulan, sang kaisar menetapkan tanggal 15 bulan 8 sebagai hari besar untuk mengenang pengalamannya pergi ke bulan. Hari raya ini dirayakan dengan memakan kue bulan atau kue beras yang ada isinya. 

Alkisah ada seorang Dewi Bulan yang sangat penyayang, ia rela menitis menjadi manusia guna menyelamatkan yang mahluk hidup yang tertindas di dunia. Setelah banyak tindakan dan percobaan yang dilakukan ia bertemu dengan Dewi Quan Yin. Dewi Quan Yin memberikannya pil yang mana dapat membantu Dewi Bulan dalam menyelesaikan tujuan mulianya tersebut. Dewi Bulan pada akhirnya dapat memenuhi tujuannya namun ia kehilangan nyawanya selama usaha tersebut. Tuhan tersentuh dengan usaha Dewi Bulan dan Dewi Bulan pun diangkat untuk menjadi pemimpin di istana bulan.
Etnis Tionghua merayakan festival ini dengan minum teh dan makan kue bulan dan menatap pada bulan bersama orang terdekatnya karena mereka percaya festival ini adalah lambang keutuhan dan keharmonisan keluarga dan disertai pawai lenteran yang dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa.
Festival ini dirayakan dibanyak Negara terutama di asia timur seperti Malaysia, Hongkong, Jepang, Korea.
1.Malaysia

Di Malaysia festival kue bulan dirayakan dengan menikmati kue bulan dan buah-buahan bulat yang dipercaya menjadi symbol keutuhan dan keharmonisan keluarga.

2. Hongkong

Di Hongkong dirayakan dengan tarian naga api sepanjang 67 m di desa Tai hang. Orang-orang melakukan tarian naga api sambil menyalakan kembang api demi kesehatan dan kedamaian.

3. Jepang

Di jepang, ada hari raya “jugoya” yang artinya adalah malam bulan purnama sebagai perayaan bulan panen. Mereka membuat susuki yang berupa susunan rumput dan dango (kue beras) sambil menikmati sinar bulan.

4. Korea

Di Korea pada masa silam orang korea percaya kelinci giok tinggal dibulan dan ketika mereka melihat ke bulan tampaklah siluet dua ekor kelinci tersebut sedang membuat kue beras. Dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan membuat kue beras atau lebih dikenal dengan songpyeon kue yang terbuat dari kacang hijau, wijen, dan chestnut yang dikukus di atas lapisan daun pinus untuk member aroma yang wangi. Kue ini berbentuk setengah bulan. Mereka juga menampilkan tarian gang-gang suwollae yang diformasikan oleh lingkaran besar wanita dibawah sinar bulan yang terang. Tari nongak juga untuk merayakan hari panen di musim gugur.

Jenis bahan yang digunakan sebagai bahan isi pada kue bulan beraneka ragam, namun ada 4 macam bahan pengisi yang umum digunakan pada kue bulan.
1. Lotus seed paste (lian rong)
Lotus seed paste, kue ini dianggap paling mewah, paling berharga dan paling lezat. Di beberapa tempat, karena tingginya harga lotus seed paste yang jarang terdapat, maka kadang juga digunakan white kidney bean sebagai bahan tambahan pengisi.

2. Sweet bean paste (dou sha/tau sa)
Sweet bean paste, kue ini paling banyak terbuat dari azuki beans, sehingga dikenal dengan nama red bean paste. Tapi di beberapa tempat lain terbuat dari Mung bean atau black bean. Ini juga banyak terdapat di Indonesia, yang dibilang isi “tau sa” biasanya berwarna hitam.

3. Jujube paste
Jujube paste, kue ini berbentuk pasta yang manis, terbuat dari buah yang masak dari tumbuhan jujube. Warna dari pasta ini biasanya merah gelap, sedikit asam, ada aksen rasa seperti diasap. Kadang bisa dibingungkan antara jujube paste dan red bean paste. Isi jujube paste ini hampir-hampir tidak pernah dijumpai di Indonesia, karena tidak populer sama sekali.

4. Five kernel
Five kernel, kue ini berisi 5 macam kacang-kacangan dan biji-bijian yang dicincang kasar, dan direkatkan satu sama lain dalam mooncake dengan maltose syrup.

Bahan yang digunakan sebagai kulit dari kue bulan yang umum digunakan ada beberapa jenis diantaranya chewy, flaky dan tender. 
  1. Chewy, kue inilah yang sekarang paling populer di mana-mana dan banyak dijumpai di seluruh dunia. Seperti nampak dalam foto-foto di atas, seperti inilah kulit mooncake yang disebut dengan chewy ini, yang paling banyak disukai dan sudah menembus lintas batas benua. Terbuat dari bahan-bahan sirup gula kental, lye water, tepung dan minyak
  2. Flaky, jenis yang ini lebih dikenal dengan nama Suzhou-style mooncake. Adonan kulitnya dibuat dengan menggulung adonan yang terdiri dari minyak dan tepung. Rasa dan tekstur hampir sama dengan model pastry barat atau puff pastry.
  3. Tender, jenis kue ini ada di beberapa provinsi di China dan beberapa tempat di Taiwan.
Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Bentuk kue bulan tidaklah mutlak harus berbentuk bulat, seiring perkembangan zaman dan perbedaan tradisi di tiap negara yang merayakan festival ini muncul kreasi dalam bentuk bahan penyusun kulit dan bahan isian kue bulan. 
Harga kue bulan ini sangat bervariasi dipasaran. Tinggi rendahnya harga kue bulan dipengaruhi terutama oleh bahan pengisinya. semakin enak bahan pengisi kue bulan tersebut maka akan semakin mahal harganya. 

Kue Bulan ini biasanya berlemak jadi secangkir teh adalah pasangan yang sempurna untuk menikmati kue ini. Teh Oolong yang rasanya agak pahit namun setelah diminum meninggalkan rasa manis di lidah adalah pilihan terbaik untuk menikmati kue bulan yang asin dan teh bunga untuk menikmati kue bulan yang manis. 

Sumber artikel:
Bangnes
Supreme Master TV
Sumber gambar:
Google
 
 

  

2 comments: