Pages

Sunday 18 May 2014

TRADITION (CONNECTION BETWEEN NUMBER AND LUCK IN CHINESE LIVING)

Halo para pembaca, setelah vakum beberapa saat saya kembali lagi nih mau berbagi sedikit tentang salah satu kepercayaan masyarakat etnis Tionghoa yang menurut saya cukup unik. Kali ini saya mau mengulas tentang angka dan hubungannya dengan peruntungan. Memang bukan hal yang asing bagi sebagian teman-teman yang merupakan etnis Tionghoa tapi saya tetap mencoba menghadirkan informasi yang saya dapat sekaligus saya lengkapi dari yang sudah ada umumnya.
Nomor keberuntungan dan nomor sial dalam kepercayaan etnis Tionghoa lebih dihubungkan dengan kemiripan cara pengucapannya. Pada umumnya jika pengucapan suatu angka dalam bahasa mandarin memiliki cara pengucapan kata lain dalam bahasa mandarin yang memiliki arti positif maka etnis Tionghoa percaya bahwa itu adalah nomor yang membawa keberuntungan, sebaliknya dengan angka yang dipercaya membawa nasib kurang baik.
 

ANGKA 2

Angka 2 bagi etnis Tionghoa dianggap membawa keberuntungan karena “semua hal yang baik datang berpasangan”. Contoh dari hal-hal yang berpasangan ini sudah banyak sekali dan dapat kita lihat di sekitar kita. 

ANGKA 6

Liù enam dan Liú mengalir
Angka 6 "enam" diucapkan "liu" dalam bahasa Mandarin, yang terdengar mirip dengan pengucapan untuk kata Mandarin yang berarti "mengalir" , oleh karena itu nomor 6 juga dianggap membawa keberuntungan terutama bila muncul lebih dari satu angka 6. Nilai dari sesuatu yang mengandung angka 6 sangat berharga, banyak orang yang rela membayar mahal (terutama orang percaya pada keberuntungan angka) hanya sekedar untuk nomor telepon, nomor plat kendaraan, nomor rumah dan sebagainya. Pernah ada dealer sepeda motor di Zengcheng di Provinsi Guangdong membayar sebesar RMB 272,000 (USD $ 34.000) untuk plat sepeda motor yang bernomor AW6666.

 

ANGKA 8

Bā delapan dan kemakmuran
Angka 8 juga termasuk dalam jejeran angka yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Banyak mitos yang dihubungkan dengan angka 8 ini ada kemungkinan karena memiliki simetri yang unik, dan mungkin karena 8 jika diletakkan pada sisinya, menyerupai simbol Yunani untuk tak terhingga. Selain itu, dalam bahasa Mandarin, pengucapan angka "delapan" mirip dengan pengucapan untuk kata yang memiliki arti "kemakmuran, kekayaan", sedangkan dalam bahasa Kanton itu mirip dengan pengucapan untuk kata yang memiliki arti “keberuntungan".
Untuk memberikan gambaran tentang seberapa berharganya angka 8 , nomor telepon 8888-8888 dijual dengan harga yang hampir setara USD $ 270,723 di Chengdu, ibukota Provinsi Sichuan Cina. Bahkan pemerintah Cina terjebak dalam euforia atas nomor 8 tahun Olimpiade ini, 2008. Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas di Beijing dimulai pada delapan Agustus (08/08/08), tepat pukul 8 malam, menit ke-8 dan detik ke-8 waktu setempat Beijing.

 

ANGKA 9

Jiǔ sembilan dan Chíjiǔ panjang umur
Meskipun angka genap umumnya dianggap lebih membawa keberuntungan dibanding angka ganjil, ternyata angka 9 yang merupakan angka ganjil dianggap sebagai angka yang membawa keberuntungan. Hal ini sebagian karena fakta bahwa angka 9 secara tradisional dikaitkan dengan kaisar (yaitu jumlah kamar di Kota Terlarang) dan sebagian karena dalam bahasa Mandarin pengucapan untuk angka "sembilan" mirip dengan pengucapan untuk kata "panjang umur".

 

ANGKA 4 dan 13

Sì empat dan Sǐ mati
Di Cina, Korea, Jepang, dan Vietnam angka 4 memiliki pengucapan yang mirip dengan kata "kematian". Akibatnya, ponsel nokia di China tidak memiliki seri dimulai dengan angka 4, dan perangkat elektronik yang sama, dari PDA untuk kamera digital, kurang seri yang baik ditunjuk "4" atau dimulai dengan "4", dan beberapa tinggi bangunan bertingkat tidak memiliki lantai empat. Selain angka 4, angka 13 juga dipercaya merupakan angka sial. Hal ini dapat kita lihat langsung terutama saat berkunjung ke hotel atau gedung yang memiliki banyak tingkat, seringkali tidak terdapat lantai 4 dan 13.

Sumber Artikel:
http://www.chinatravel.com/facts/chinese-lucky-numbers.htm 

Sumber Gambar:
Google

No comments:

Post a Comment